~~ Selamat Datang di Blog Bima Lanang. Salam Hangat Selalu Dari Kami Blogger NTB. Semoga Kita Senantiasa Dapat Selalu Tersenyum ~~

Jumat, 20 Juli 2012

Kompetensi Supervisi Akademik : KTSP

Kurikulum merupakan komponen sistem pendidikan yang paling rentan terhadap perubahan. 

Paling tidak ada tiga faktor yang membuat kurikulum harus selalu dirubah atau diperbaharui.

 

Pertama, karena adanya perubahan fi-losofi tentang manusia dan pendidikan, khususnya mengenai hakikat kebutuhan peserta didik terhadap pendidikan/pembelajaran.

Kedua, cara karena cepat-nya perkembangan ilmu dan teknologi, sehingga subject matter yang harus disampaikan kepada peserta didik pun semakin banyak dan berragam. Keti-ga, adanya perubahan masyarakat, baik secara sosial, politik, ekonomi, mau pun daya dukung lingkungan alam, baik pada tingkat lokal maupun global.

 

Karena adanya faktor-faktor tersebut, maka salah satu kriteria baik bu-ruknya sebuah kurikulum bisa dilihat pada fleksibilitas dan adaptabilitasnya terhadap perubahan. Selain itu juga dilihat dari segi kemampuan mengako-modasikan isu-isu atau muatan lokal dan isu-isu global. Hal ini diddasarkan pada kenyataan bahwa pendidikan harus mampu mengantarkan peserta didik untuk hidup pada zaman mereka, serta memiliki wawasan global dan mampu berbuat sesuai dengan kebutuhan lokal.

 

Untuk dapat menuju pada karakteristik kurikulum ideal tersebut maka proses penyusunan kurikulum tidak lagi selayaknya dilakukan oleh negara dan diberlakukan bagi seluruh satuan pendidikan tanpa melihat kondisi inter-nal dan lingkungannya. Kurikulum henaknya disusun dari bawah (bottom up) oleh setiap satuan pendidikan bersama dengan stakeholder masing-masing.

 

Berdasarkan pemikiran di atas, maka pemerintah dalam Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menegaskan ku-rikulum nasional bukan lagi bersifat seragam, namun merupakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Dalam proses penyusunannya satuan pendidikan diberi ruang untuk menyesuaikan kurikulum dengan kondisi se-kolah, lingkungan alam dan sosial ekonomi masysrakat, dan karakteristik pe-serta didik.

 

Sebagai pembina sekolah, pengawas satuan pedidikan tentu harus menguasai memahami kebijakan-kebijakan yang terkait dengan KTSP. Lebih da-ri itu ia juga harus menguasai setiap proses, tahapan, maupun teknis penyusu-nan KTSP. Dengan kemampuan tersebut, maka ia dapat membantu para kepa-la sekolah dan guru dalam menyusun KTSP.

 

>> Download Kompetensi Supervisi Akademik : KTSP <<

 

Description: Kompetensi Supervisi Akademik : KTSP Rating: 4.5 Reviewer: Bima Lanang - ItemReviewed: Kompetensi Supervisi Akademik : KTSP
Jadilah Blogger Yang Jujur. Cantumkan Sumber Link Berikut Jika Anda Mencopy Artikel Ini.


Artikel Terkait:

Berlangganan via email gratis (Click Subscribe, Tunggu Pop Up dan Isi Email Anda):

Posted by: Bima Lanang, Updated at: Jumat, Juli 20, 2012

0 komentar :

Posting Komentar

Sebagai Manusia Biasa Saya Masih Banyak Kekurangan. Untuk Itu Kritik dan Saran Yang Membangun Dari Sobat Sangat Besar Saya Harapkan. Terima Kasih Kepada Sobat Yang Telah Meluangkan Waktu Untuk Berkomentar dan Mohon Maaf Jika Komentar Yang Menggunakan Pilihan 'Anonim', Terpaksa Harus Saya Abaikan, Karena “SPAM” Tidak Hanya Melanggar Hukum Tetapi Juga “BERDOSA”

MY BEST FRIENDS