~~ Selamat Datang di Blog Bima Lanang. Salam Hangat Selalu Dari Kami Blogger NTB. Semoga Kita Senantiasa Dapat Selalu Tersenyum ~~

Kamis, 26 April 2012

Download Skripsi Kedokteran, Konsumsi Serat

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP ORANG TUA TENTANG SERAT TERHADAP KONSUMSI SERAT PADA ANAK SEKOLAH DASAR YANG MENGALAMI OBESITAS

 

Download Skripsi Lengkap Gratis 

 

INTISARI

 

Hubungan pengetahuan dan sikap orang tua tentang serat terhadap konsumsi serat pada anak sekolah dasar yang mengalami obesitas, Hempi Wanty Saragih, Madarina Julia, Emy Huriyati.

 

Latar Belakang : Pada tahun 1998 World Health Organization (WHO) menyatakan adanya epidemik global dari obesitas. Obesitas tidak hanya terjadi pada orang dewasa, akan tetapi terjadi juga pada anak - anak. Obesitas pada masa anak - anak dapat merupakan cikal bakal terjadinya obesitas pada masa dewasa dan terjadinya penyakit degeneratif kardiovaskuler. Banyak faktor menyebabkan seorang anak menderita obesitas, diantaranya yaitu makan melebihi porsi dengan kebiasaan makan yang cenderung kebarat - baratan (western style diet), makanan jadi (processed food), padahal diketahui jenis makanan tersebut adalah tinggi kalori, rendah serat dan mengandung banyak garam. Sedangkan makanan yang baik dikonsumsi oleh anak yang mengalami obesitas adalah makanan yang mengandung serat tinggi karena makanan dengan kandungan serat kasar yang tinggi dapat menurunkan berat badan.

 

Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui konsumsi serat anak obesitas serta hubungan pengetahuan dan sikap orang tua tentang serat terhadap konsumsi serat pada anak sekolah dasar yang mengalami obesitas.

 

Metode : Penelitian observasional degan rancangan cross sectional yang berlokasi di lima sekolah dasar di kota Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan populasi dari hasil screening obesitas tahun sebelumnya yaitu sebesar 610 orang (10,6%). Kriteria obesitas adalah IMT lebih atau sama dengan persentil ke-95 kurva IMT berdasarkan umur dan jenis kelamin dari WHO-CDC tahun 2000 dan anak berusia 10 - 12 tahun. TB diukur dengan microtoice dengan ketelitian 0,1 cm dan BB diukur dengan timbangan injak digital (electronic personal sacale) dengan ketelitian 0,1 kg. Konsumsi serat dikumpulkan dengan cara wawancara multiple recall konsumsi 4 x 24 jam. Data pengetahuan dan sikap orang tua tentang serat dikumpulkan dengan cara menyebarkan kuesioner. Analisa data menggunakan korelasi Sperman.

 

Hasil : Konsumsi serat anak obesitas sangat rendah hanya 2,1 % konsumsi serat anak yang baik dibandingkan dengan kecukupan serat berdasarkan AKG sedangkan pengetahuan dan sikap orang tua tentang serat adalah baik dengan rata - rata masing - masing 70,6% dan 73,3%. Pengetahuan dan sikap orang tua tidak berpengaruh secara signifikan (p<0,05) terhadap konsumsi serat anak.

 

Kesimpulan : Konsumsi serat anak yang mengalami obesitas sangat rendah dan pengetahuan serta sikap orang tua tidak berpengaruh terhadap konsumsi serat anak.

 

Kata Kunci : Obesitas, serat, pengetahuan dan sikap

 

>> Download Skripsi Kedokteran Gizi (Konsumsi Serat) Lengkap <<

Description: Download Skripsi Kedokteran, Konsumsi Serat Rating: 4.5 Reviewer: Bima Lanang - ItemReviewed: Download Skripsi Kedokteran, Konsumsi Serat
Jadilah Blogger Yang Jujur. Cantumkan Sumber Link Berikut Jika Anda Mencopy Artikel Ini.


Artikel Terkait:

Berlangganan via email gratis (Click Subscribe, Tunggu Pop Up dan Isi Email Anda):

Posted by: Bima Lanang, Updated at: Kamis, April 26, 2012

0 komentar :

Posting Komentar

Sebagai Manusia Biasa Saya Masih Banyak Kekurangan. Untuk Itu Kritik dan Saran Yang Membangun Dari Sobat Sangat Besar Saya Harapkan. Terima Kasih Kepada Sobat Yang Telah Meluangkan Waktu Untuk Berkomentar dan Mohon Maaf Jika Komentar Yang Menggunakan Pilihan 'Anonim', Terpaksa Harus Saya Abaikan, Karena “SPAM” Tidak Hanya Melanggar Hukum Tetapi Juga “BERDOSA”

MY BEST FRIENDS