~~ Selamat Datang di Blog Bima Lanang. Salam Hangat Selalu Dari Kami Blogger NTB. Semoga Kita Senantiasa Dapat Selalu Tersenyum ~~

Kamis, 26 April 2012

Download Skripsi Kesehatan (KADARZI)

HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU TENTANG KELUARGA MANDIRI SADAR GIZI (KADARZI) DENGAN STATUS KADARZI PADA KELUARGA ANAK USIA 5-59 BULAN DI PUSKESMAS MOYUDAN KABUPATEN SLEMAN

Download Skripsi Lengkap Gratis 

 

Latar Belakang : Masalah gizi merupakan salah satu penentu kualitas sumber daya manusia. Kurang gizi berakibat menurunnya tingkat kecerdasan anak. Salah satu sasaran yang ingin dicapai pada program perbaikan gizi menuju Indonesia Sehat 2010 adalah terwujudnya minimal 80% keluarga mandiri sadar gizi (Kadarzi). Upaya ini merupakan langkah strategis mengingat sebagian masalah gizi timbul karena masalah pendidikan perilaku dan lingkungan yang tidak mendukung. Pengetahuan dan sikap kesehatan akan berpengaruh terhadap perilaku sebagai hasil jangka menengah dari pendidikan kesehatan. Berdasarkan uraian di atas, peneliti ingin mengetahui hubungan antara pengetahuan dan sikap ibu tentang Kadarzi dengan status Kadarzi pada keluarga anak usia 5-59 bulan di Puskesmas Moyudan Kabupaten Sleman.

 

Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dan sikap ibu tentang Kadarzi dengan status Kadarzi pada keluarga anak balita usia 5-59 bulan di Puskesmas Moyudan Kabupaten Sleman.

 

Metode Penelitian : Observasional dengan rancangan cross sectional. Tempat penelitian di Puskesmas Moyudan Kabupaten Sleman. Waktu pelaksanaan bulan Agustus – September 2006. Kriteria inklusi populasi adalah mempunyai anak berusia 5 – 59 bulan, tinggal dan berdomisili di wilayah penelitian, mampu berkomunikasi dengan baik, dan dapat membaca. Jumlah sampel 100 orang, pemilihan sampel dengan metode sistematik random sampling dengan menggunakan interval (K = 18). Pengolahan data dengan program SPSS versi 11, analisa bivariat dengan korelasi.

 

Hasil : Analisa univariat menunjukkan bahwa terdapat 34% responden dengan pengetahuan yang rendah dan 43% responden mempunyai sikap negatif terhadap Kadarzi, dan 60% belum kadarzi. Analisa bivariat (korelasi) menunjukkan ada hubungan linier positif antara pengetahuan dengan status Kadarzi (r = 0,390 ; p < 0,05) dan ada hubungan linier positif antara sikap dengan status Kadarzi (r = 0,300 ; p < 0,05). Hubungan tersebut bermakna dengan kategori rendah.

 

Kesimpulan : Ada hubungan linier positif antara pengetahuan dan sikap ibu tentang keluarga mandiri sadar gizi (Kadarzi) dengan status Kadarzi pada keluarga anak balita usia 5-59 bulan di Puskesmas Moyudan Kabupaten Sleman.

 

Kata Kunci : Pengetahuan, sikap, status Kadarzi.

 

>> Download Skripsi Kesehatan Gizi (KADARZI) Lengkap <<

Description: Download Skripsi Kesehatan (KADARZI) Rating: 4.5 Reviewer: Bima Lanang - ItemReviewed: Download Skripsi Kesehatan (KADARZI)
Jadilah Blogger Yang Jujur. Cantumkan Sumber Link Berikut Jika Anda Mencopy Artikel Ini.


Artikel Terkait:

Berlangganan via email gratis (Click Subscribe, Tunggu Pop Up dan Isi Email Anda):

Posted by: Bima Lanang, Updated at: Kamis, April 26, 2012

0 komentar:

Poskan Komentar

Sebagai Manusia Biasa Saya Masih Banyak Kekurangan. Untuk Itu Kritik dan Saran Yang Membangun Dari Sobat Sangat Besar Saya Harapkan. Terima Kasih Kepada Sobat Yang Telah Meluangkan Waktu Untuk Berkomentar dan Mohon Maaf Jika Komentar Yang Menggunakan Pilihan 'Anonim', Terpaksa Harus Saya Abaikan, Karena “SPAM” Tidak Hanya Melanggar Hukum Tetapi Juga “BERDOSA”

MY BEST FRIENDS