~~ Selamat Datang di Blog Bima Lanang. Salam Hangat Selalu Dari Kami Blogger NTB. Semoga Kita Senantiasa Dapat Selalu Tersenyum ~~

Senin, 23 April 2012

Download Skripsi Kesehatan (Status Gizi)

KONTRIBUSI ZAT GIZI MAKRO MAKAN SIANG TERHADAP STATUS GIZI

DI SDIT Ar. RAIHAN, TRIRENGGO, BANTUL, YOGYAKARTA

 

Download Skripsi Lengkap Gratis 

Latar Belakang : Masalah gizi adalah gangguan pada beberapa segi kesejahteraan perorangan atau masyarakat yang disebabkan oleh tidak terpenuhinya akan zat gizi. Dari sudut zat gizinya, masalah gizi dapat berupa masalah gizi makro dan masalah gizi mikro. Salah satu golongan yang memerlukan perhatian dalam konsumsi makanan dan zat gizi adalah anak usia sekolah. Di Indonesia banyak lembaga pendidikan yang mengadakan program makan siang dalam rangka pemenuhan gizi para siswa yang dikenal dengan sistem Full Day School. Makan siang ini memberikan kontribusi sebesar 2/5 dari total konsumsi makan sehari.

 

Tujuan Penelitian : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi zat gizi makro dari makanan yang diberikan oleh sekolah terhadap status gizi siswa di SDIT Ar-Raihan, Trirenggo, Bantul, Yogyakarta.

 

Metode Penelitian : Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan rancangan cross sectional , dengan jumlah subjek penelitian 40 siswa. Pengumpulan data diperoleh dari pengukuran berat badan, tinggi badan, dan metode food weighing untuk mengetahui asupan makanan yang diberikan sekolah, kemudian data diolah dan dianalisis secara deskriptif analitik menggunakan uji Chi Square.

 

Hasil : Kontribusi zat gizi makro untuk kelompok umur 7-9 tahun untuk energi dan karbohidrat rata-rata kategori kurang, protein dan lemak rata-rata kategori baik, kemudian untuk kelompok umur 10-12 tahun baik untuk energi, protein, lemak, dan karbohidrat rata-rata kategori baik. Dari hasil analisis statistik menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara kontribusi energi, protein, lemak, dan karbohidrat dengan status gizi siswa SDIT Ar-Raihan, Trirenggo, Bantul, Yogyakarta.

 

Kesimpulan : Kesimpulan yang dapat diambil berdasarkan hasil penelitian adalah sebagai berikut : Kontribusi zat gizi makro untuk kelompok umur 7-9 tahun untuk energi dan karbohidrat rata-rata kategori kurang, protein dan lemak kategori baik, kemudian untuk kelompok umur 10-12 tahun baik untuk energi, protein, lemak, dan karbohidrat rata-rata kategori baik. Dari hasil analisis statistik menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara kontribusi energi, protein, lemak, dan karbohidrat dengan status gizi siswa SDIT Ar-Raihan, Trirenggo, Bantul, Yogyakarta ; ( p>0,05).

 

Kata Kunci : Kontribusi zat gizi makro, Makanan di sekolah, Siswa, Status gizi.

 

>> Download Skripsi Kesehatan Gizi (Status Gizi) Lengkap <<

Description: Download Skripsi Kesehatan (Status Gizi) Rating: 4.5 Reviewer: Bima Lanang - ItemReviewed: Download Skripsi Kesehatan (Status Gizi)
Jadilah Blogger Yang Jujur. Cantumkan Sumber Link Berikut Jika Anda Mencopy Artikel Ini.


Artikel Terkait:

Berlangganan via email gratis (Click Subscribe, Tunggu Pop Up dan Isi Email Anda):

Posted by: Bima Lanang, Updated at: Senin, April 23, 2012

0 komentar :

Posting Komentar

Sebagai Manusia Biasa Saya Masih Banyak Kekurangan. Untuk Itu Kritik dan Saran Yang Membangun Dari Sobat Sangat Besar Saya Harapkan. Terima Kasih Kepada Sobat Yang Telah Meluangkan Waktu Untuk Berkomentar dan Mohon Maaf Jika Komentar Yang Menggunakan Pilihan 'Anonim', Terpaksa Harus Saya Abaikan, Karena “SPAM” Tidak Hanya Melanggar Hukum Tetapi Juga “BERDOSA”

MY BEST FRIENDS