~~ Selamat Datang di Blog Bima Lanang. Salam Hangat Selalu Dari Kami Blogger NTB. Semoga Kita Senantiasa Dapat Selalu Tersenyum ~~

Senin, 23 April 2012

Download Skripsi Kesehatan (Asupan Protein)

HUBUNGAN ASUPAN PROTEIN TERHADAP KADAR UREA NITROGEN, KREATININ, DAN ALBUMIN DARAH PASIEN PENYAKIT GINJAL KRONIK YANG MENJALANI HEMODIALISIS DI RSUP DR. SARDJITO YOGYAKARTA

 

Download Skripsi Lengkap Gratis 

 

Hubungan Asupan Protein Terhadap kadar Urea Nitrogen, Kreatinin, dan Albumin Darah Pasien Penyakit Ginjal Kronik Yang Menjalani Hemodialisis Di RSUP DR. SARDJITO YOGYAKARTA.

 

Latar Belakang: Prosedur Hemodialisis (HD) pada pasien penyakit ginjal kronik (PGK) menyebabkan kehilangan zat gizi, seperti protein sehingga sebagai kompensasinya pasien memerlukan asupan protein yang tinggi. Selain asupan makan, BUN, kreatinin, berat badan, dan albumin harus dimonitor. Berdasarkan hasil penelitian Bellizi, et.al. (2003): William et.al (2004):Araujo et.al (2006) diketahui bahwa terdapat hubungan antara asupan protein dengan albumin, kreatinin, dan berat badan pasien HD.

 

Tujuan Penelitian: Mengetahui hubungan asupan protein terhadap kadar Urea Nitrogen, kreatinin,dan albumin darah pasien penyakit ginjal kronik yang menjalani hemodialisis di RSUP DR. Sardjito Yogyakarta.

 

Metode Penelitian: Jenis penelitian observasional dengan rancangan cross sectional, yang dilakukan di RSUP DR Sardjito Yogyakarta pada bulan Januari-Maret 2006. Populasi adalah pasien PGK yang menjalani HD, sedangkan subyek penelitian diambil berdasarkan kriteria inklusi: Rutin HD minimal 2 bulan, 2x/minggu dengan dialisat asetat, tidak ascites, tidak oedema, tidak memiliki gangguan hati, tidak sedang rawat inap, serta memiliki data laboratorium BUN, kreatinin, dan albumin darah.

 

Hasil: Berdasarkan korelasi Pearson diketahui p value=0,008 sehingga terdapat hubungan total asupan protein terhadap BUN, dan p value=0,153 sehingga terdapat hubungan total asupan protein terhadap kreatinin, serta p value=0,017 maka terdapat hubungan total asupan protein terhadap albumin. Sedangkan berdasarkan uji kolmogorov-smirnov diperoleh p value=0,944 serta p value=1,000 sehingga tidak ada hubungan antar proporsi protein terhadap BUN dan kreatinin. Berdasarkan uji kai-kuadrat diketahui p value=1,000 maka tidak ada hubungan proporsi protein terhadap albumin.

 

Kesimpulan : Ada hubungan antara total asupan protein terhadap BUN, dan albumin. Namun tidak tedapat hubungan antara total asupan protein terhadap kreatinin, serta tidak terdapat hubungan antara proporsi protein terhadap BUN, kreatinin, dan albumin.

 

Kata Kunci : asupan protein, BUN, kreatinin, albumin

 

>> Download Skripsi Kesehatan Gizi (Asupan Protein) Lengkap <<

Description: Download Skripsi Kesehatan (Asupan Protein) Rating: 4.5 Reviewer: Bima Lanang - ItemReviewed: Download Skripsi Kesehatan (Asupan Protein)
Jadilah Blogger Yang Jujur. Cantumkan Sumber Link Berikut Jika Anda Mencopy Artikel Ini.


Artikel Terkait:

Berlangganan via email gratis (Click Subscribe, Tunggu Pop Up dan Isi Email Anda):

Posted by: Bima Lanang, Updated at: Senin, April 23, 2012

1 komentar :

Daniel Smith mengatakan...

Thanks for the information about Protein intake, my colleagues got interested in Skripsi Kesehatan Gizi as their students are creating lab report format and need information about some proteins.

Posting Komentar

Sebagai Manusia Biasa Saya Masih Banyak Kekurangan. Untuk Itu Kritik dan Saran Yang Membangun Dari Sobat Sangat Besar Saya Harapkan. Terima Kasih Kepada Sobat Yang Telah Meluangkan Waktu Untuk Berkomentar dan Mohon Maaf Jika Komentar Yang Menggunakan Pilihan 'Anonim', Terpaksa Harus Saya Abaikan, Karena “SPAM” Tidak Hanya Melanggar Hukum Tetapi Juga “BERDOSA”

MY BEST FRIENDS