~~ Selamat Datang di Blog Bima Lanang. Salam Hangat Selalu Dari Kami Blogger NTB. Semoga Kita Senantiasa Dapat Selalu Tersenyum ~~

Kamis, 26 April 2012

Download Skripsi Kesehatan (Asupan Makanan)

HUBUNGAN ANTARA STATUS GIZI DAN ASUPAN MAKAN DENGAN KUALITAS HIDUP PASIEN PENYAKIT GINJAL KRONIK DENGAN HEMODIALISIS RUTIN DI INSTALASI DIALISIS RSUP DR SARDJITO YOGYAKARTA

Download Skripsi Lengkap Gratis 

Hubungan Antara Status Gizi Dan Asupan Makan Dengan Kualitas Hidup Pada Pasien Penyakit Ginjal Kronik Dengan Hemodialisis Rutin di Instalasi Dialisis RSUP DR Sardjito Yogyakarta, Fitri Lestari; Susetyowati, DCN, M. Kes; dr. Heru Prasanto, Sp. PD

 

INTISARI

Latar Belakang : Salah satu terapi pengganti bagi pasien penyakit ginjal kronik (PGK) ialah hemodialisis (HD). Tindakan HD membawa dampak terjadinya penurunan respon imun sehingga mudah terjadi infeksi. HD kronik menimbulkan komplikasi-komplikasi yang dapat menurunkan kualitas hidup pasien PGK. Terjadinya malnutrisi dan perubahan asupan makan sering ditemukan pada pasien PGK dengan HD. Status nutrisi yang kurang baik akan meningkatkan mortalitas dan morbiditas pasien PGK dengan HD.

 

Tujuan Penelitian : Mengetahui hubungan antara status gizi dan asupan makan dengan kualitas hidup pada pasien penyakit ginjal kronik dengan hemodialisis di instalasi dialisis RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta.

 

Metodologi Penelitian : Penelitian ini merupakan penelitian pengamatan dengan rancangan penelitian potong lintang. Pengambilan data dilakukan pada bulan Januari - Maret 2006. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien PGK dengan HD di unit dialisis RS Dr. Sardjito Yogyakarta. Jumlah subjek yang diambil sebanyak 61 orang yang diambil secara Purposive. Data karakteristik subjek penelitian diperoleh dengan kuesioner dan kualitas hidup diperoleh dengan menggunakan kuesioner K/DOQI-SF 36; data status gizi diperoleh dengan melakukan penghitungan Indeks Massa Tubuh (IMT) dan Lingkar Lengan Atas (LILA) dari pengukuran tinggi badan, berat badan dan lingkar lengan atas; data asupan makan diperoleh dengan menggunakan form food record. Uji statistik yang digunakan untuk menganalisis hubungan adalah uji Chi-Square dengan tingkat kepercayaan 95%, apabila pada perhitungan Chi-Square ditemukan frekuensi harapan < 5 sebanyak ³ 20% jumlah sel maka dilakukan perhitungan dengan uji Fisher Exact.

 

Hasil Penelitian : Status gizi subjek penelitian berdasarkan pengukuran IMT dan LILA berturut – turut sebanyak 14 (23%) dan 44 (72.1%) subjek memiliki status gizi kurang. Asupan energi dan protein subjek penelitian sebagian besar inadekuat yaitu sebesar 75.4 % dan 88.5%.

 

Kesimpulan : Tidak ada hubungan yang bermakna antara status gizi berdasarkan IMT dan LILA dengan kualitas hidup. Terdapat hubungan yang bermakna antara asupan energi dengan skoring kualitas hidup kelelahan. Tidak ada hubungan bermakna antara asupan protein dengan kualitas hidup.

 

Kata Kunci : status gizi, asupan energi protein, hemodialisis, K/DOQI SF-36

 

>> Download Skripsi Kesehatan Gizi (Asupan Makanan) Lengkap <<

Description: Download Skripsi Kesehatan (Asupan Makanan) Rating: 4.5 Reviewer: Bima Lanang - ItemReviewed: Download Skripsi Kesehatan (Asupan Makanan)
Jadilah Blogger Yang Jujur. Cantumkan Sumber Link Berikut Jika Anda Mencopy Artikel Ini.


Artikel Terkait:

Berlangganan via email gratis (Click Subscribe, Tunggu Pop Up dan Isi Email Anda):

Posted by: Bima Lanang, Updated at: Kamis, April 26, 2012

0 komentar :

Posting Komentar

Sebagai Manusia Biasa Saya Masih Banyak Kekurangan. Untuk Itu Kritik dan Saran Yang Membangun Dari Sobat Sangat Besar Saya Harapkan. Terima Kasih Kepada Sobat Yang Telah Meluangkan Waktu Untuk Berkomentar dan Mohon Maaf Jika Komentar Yang Menggunakan Pilihan 'Anonim', Terpaksa Harus Saya Abaikan, Karena “SPAM” Tidak Hanya Melanggar Hukum Tetapi Juga “BERDOSA”

MY BEST FRIENDS