~~ Selamat Datang di Blog Bima Lanang. Salam Hangat Selalu Dari Kami Blogger NTB. Semoga Kita Senantiasa Dapat Selalu Tersenyum ~~

Kamis, 26 April 2012

Download Skripsi Kesehatan (Poliklinik Gizi)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUNJUNGAN PASIEN

DI POLIKLINIK GIZI RSUP DR. MOHAMMAD HOESIN PALEMBANG

 

Download Skripsi Lengkap Gratis 

 

Latar Belakang : Konseling gizi merupakan serangkaian kegiatan komunikasi 2 arah untuk menanamkan dan meningkatkan pengertian, sikap dan prilaku sehingga membantu klien atau pasien mengenali dan mengatasi masalah gizi. Jumlah kunjungan pasien untuk berkonsultasi gizi ke Poliklinik Gizi setiap bulan rata-rata 30 orang yang berasal dari rujukan dokter sedangkan Poliklinik lain misalnya Poliklinik Penyakit Dalam rata-rata menerima pasien 300 orang per harinya. Pelayanan konsultasi gizi belum dimanfaatkan secara maksimal jika dilihat dari jumlah kunjungan pasien ke Poliklinik Gizi.

 

Tujuan Penelitian : Mengetahui faktor-faktor yang mengetahui kunjngan pasien di Poliklinik Gizi RSUP DR. Mohammad Hoesin Palembang.

 

Metodologi Penelitian : Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan rancangan penelitian cross sectional. Pengambilan data dilakukan pada bulan Juli sampai dengan Agustus 2006. Subjek dalam penelitian ini adalah pasien yang berkunjung ke Poliklinik Gizi RSUP DR. Mohammad Hoesin Palembang. Jumlah responden yang diambil sebanyak 85 responden. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif.

 

Hasil Penelitian : Motivasi pasien karena rujukan dokter (94%) dan 6% datang atas kesadaran sendiri, responden yang berlatar belakang pendidikan SMU (69%). Alat bantu konsultasi, dapat dikategorikan lengkap terdiri dari leaflet, food model, booklet, standar diet dan alat ukur antropometri. Kondisi ruang konsultasi sudah sesuai dengan standar (pencahayaan cukup, ventilasi dan sirkulasi udara cukup (tidak pengap), ruang tunggu pasien terdapat diluar ruang konsultasi sehingga tidak mengganggu proses konsultasi). Ketersediaan perlengkapan ruangan dapat dikategorikan kurang tersedia (wastafel dan kamar mandi tidak berada di ruangan Poliklinik Gizi). Lama waktu konsultasi yang dilakukan selama pengamatan lebih kurang 30 menit. Waktu pelayanan yang diberikan untuk konsultasi gizi yaitu setiap hari senin sampai dengan sabtu, pukul 09.00-13.00 WIB.

 

Kesimpulan : Kurangnya pengetahuan pasien tentang gizi sehingga kesadaran dan motivasi pasien untuk datang ke Poliklinik Gizi masih karena rujukan dokter sebanyak 80 responden (94%). Pelayanan konsultasi dari sisi alat bantu konsultasi, ruangan konsultasi, waktu konsultasi dan waktu pelayanan sudah memadai untuk pelayanan konsultasi gizi. Belum ada motivasi ahli gizi kepada pasien untuk melakukan kunjungan ulang serta promosi dan informasi tentang gizi kepada pasien.

 

Kata Kunci : Motivasi pasien, pelayanan gizi, kunjungan pasien.

 

>> Download Skripsi Kesehatan Gizi (Poliklinik Gizi) Lengkap <<

Description: Download Skripsi Kesehatan (Poliklinik Gizi) Rating: 4.5 Reviewer: Bima Lanang - ItemReviewed: Download Skripsi Kesehatan (Poliklinik Gizi)
Jadilah Blogger Yang Jujur. Cantumkan Sumber Link Berikut Jika Anda Mencopy Artikel Ini.


Artikel Terkait:

Berlangganan via email gratis (Click Subscribe, Tunggu Pop Up dan Isi Email Anda):

Posted by: Bima Lanang, Updated at: Kamis, April 26, 2012

0 komentar :

Posting Komentar

Sebagai Manusia Biasa Saya Masih Banyak Kekurangan. Untuk Itu Kritik dan Saran Yang Membangun Dari Sobat Sangat Besar Saya Harapkan. Terima Kasih Kepada Sobat Yang Telah Meluangkan Waktu Untuk Berkomentar dan Mohon Maaf Jika Komentar Yang Menggunakan Pilihan 'Anonim', Terpaksa Harus Saya Abaikan, Karena “SPAM” Tidak Hanya Melanggar Hukum Tetapi Juga “BERDOSA”

MY BEST FRIENDS