~~ Selamat Datang di Blog Bima Lanang. Salam Hangat Selalu Dari Kami Blogger NTB. Semoga Kita Senantiasa Dapat Selalu Tersenyum ~~

Minggu, 22 April 2012

Download Skripsi Kesehatan (Higiene)

HUBUNGAN ANTARA HIGIENE PERORANGAN, FREKUENSI KONSUMSI DAN SUMBER

MAKANAN JAJANAN DENGAN KEJADIAN DIARE

 

Download Skripsi Lengkap Gratis 

 

Latar Belakang: Asupan makanan anak usia sekolah didapat dengan mengkonsumsi makanan utama dan makanan jajanan. Makanan jajanan adalah pangan tertentu yang rawan terhadap kontaminasi bibit penyakit akibat rendahnya kualitas makanan dan tingkat kebersihan penjamah makanan. Murid sekolah dasar belum dapat memilih makanan jajanan yang sehat dan bersih, selain itu juga mereka belum terbiasa mencuci tangan sebelum menjamah makanan. Penyakit yang sering ditimbulkan oleh makanan yang tidak aman ini salah satunya adalah diare. Diare merupakan gejala umum dari penyakit bawaan makanan yang mudah dikenali. Prevalensi kejadian diare pada siswa kelas 4, 5 dan 6 di SDN. Babakan Sentral Kota Bandung adalah 34,9%.

 

Tujuan Penelitian: Memperoleh informasi tentang hubungan antara higiene perorangan, frekuensi konsumsi dan sumber makanan jajanan dengan kejadian diare pada siswa kelas 4, 5 dan 6 SDN. Babakan Sentral Kota Bandung.

 

Metode Penelitian: Jenis penelitian ini adalah observasional dengan rancangan penelitian cross sectional. Pengambilan data dilakukan bulan Juli-Agustus 2006. Jumlah responden yang diambil sebanyak 84 responden secara Proporsional Sistematik Random Sampling. Uji statistik yang digunakan untuk menganalisis hubungan adalah uji Chi-Square dengan tingkat kepercayaan 95% apabila pada perhitungan Chi-Square ditemukan frekuensi harapan < 5 sebanyak ³ 20% jumlah sel maka dilakukan perhitungan dengan uji Fisher Exact.

 

Hasil Penelitian: Berdasarkan hasil penelitian dari 84 responden terdapat 31 siswa (36,9%) dengan higiene perorangan kurang, dan 53 siswa (63,1%) dengan higiene perorangan baik, sedangkan untuk frekuensi konsumsi makanan jajanan terdapat 40 siswa (47,6%) dengan frekuensi konsumsi makanan jajanan jarang, dan 44 siswa (52,4%) dengan frekuensi konsumsi makanan sering. Sebagian besar responden (88,1%) sering membeli makanan jajanan dari pedagang di luar sekolah. Uji statistik yang dilakukan dengan menggunakan uji Chi-Square didapatkan nilai p=0,027 pada frekuensi konsumsi makanan jajanan hubungannya dengan kejadian diare.

 

Simpulan: Ada hubungan antara frekuensi konsumsi makanan jajanan dengan kejadian diare, dan tidak ada hubungan antara higiene perorangan dan sumber makanan jajanan dengan kejadian diare.

 

Kata Kunci: Higiene Perorangan, Makanan Jajanan, Diare

 

>> Download Skripsi Kesehatan Gizi Lengkap <<

 

Description: Download Skripsi Kesehatan (Higiene) Rating: 4.5 Reviewer: Bima Lanang - ItemReviewed: Download Skripsi Kesehatan (Higiene)
Jadilah Blogger Yang Jujur. Cantumkan Sumber Link Berikut Jika Anda Mencopy Artikel Ini.


Artikel Terkait:

Berlangganan via email gratis (Click Subscribe, Tunggu Pop Up dan Isi Email Anda):

Posted by: Bima Lanang, Updated at: Minggu, April 22, 2012

0 komentar :

Posting Komentar

Sebagai Manusia Biasa Saya Masih Banyak Kekurangan. Untuk Itu Kritik dan Saran Yang Membangun Dari Sobat Sangat Besar Saya Harapkan. Terima Kasih Kepada Sobat Yang Telah Meluangkan Waktu Untuk Berkomentar dan Mohon Maaf Jika Komentar Yang Menggunakan Pilihan 'Anonim', Terpaksa Harus Saya Abaikan, Karena “SPAM” Tidak Hanya Melanggar Hukum Tetapi Juga “BERDOSA”

MY BEST FRIENDS