~~ Selamat Datang di Blog Bima Lanang. Salam Hangat Selalu Dari Kami Blogger NTB. Semoga Kita Senantiasa Dapat Selalu Tersenyum ~~

Minggu, 22 April 2012

Download Skripsi Kesehatan (Kolesterol)

HUBUNGAN ANTARA KONSUMSI IKAN DENGAN KADAR KOLESTEROL DARAH PADA SUKU BAJAU DI SULAWESI TENGGARA

 

new-1 

 

Latar Belakang : Saat ini penyakit degeneratif dan kardiovaskuler sudah merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat di Indonesia. Hasil Survey Kesehatan Rumah Tangga (SKRT) tahun 1972, 1986 dan 1992 menunjukan peningkatan prevalensi penyakit kardiovaskuler yang mencolok sebagai penyebab kematian dan sejak tahun 1993 diduga sebagai penyebab kematian nomor satu ( Kurniawan, 2002). Hasil Survey Kesehatan Rumah Tangga (SKRT) tahun 2001 di daerah Jawa dan Bali pada penduduk yang berusia 25 tahun ditemukan terdapat sebesar 7,0% penduduk yang mempunyai kadar kolesterol darah kapiler 200 mg/dl dan prevalensinya meningkat menjadi 12,8% pada Survey Kesehatan Rumah Tangga (SKRT) yang dilakukan pada tahun 2004. Secara umum di Indonesia prevalensi hiperkolesterolemia (200 mg/dl) pada penduduk yang berusia 25 tahun adalah sebesar 13,6%. (SKRT 2004 dalam Pradono, 2004). Di sisi lain Indonesia merupakan negara maritim dimana 2/3 wilayahnya terdiri dari laut yang kaya dengan berbagai macam jenis ikan. Ikan mengandung asam lemak omega 3 dan omega 6 yang sangat berguna dan berkhasiat luar biasa untuk menurunkan kadar kolesterol dan resiko serangan jantung.

 

Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui hubungan antara konsumsi ikan dengan kadar kolesterol darah dan status gizi Suku Bajau di Sulawesi Tenggara.

 

Jenis dan Rancangan Penelitian : Merupakan penelitian observasional dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan rancangan penelitian Cross Sectional Tempat dan waktu : Penelitian ini dilakukan di Desa Torokeku Kecamatan Tinanggea Propinsi Sulawesi Tenggara pada bulan Juli – Agustus 2006.

 

Subyek penelitian : Subyek penelitian ini sebanyak 31 orang yang ditentukan dengan metode Simple Random Sampling dengan kriteria eksklusi bersedia ikut penelitian dan berusia 30 tahun atau lebih. Konsumsi ikan diperoleh dengan metode food recall 3 hari sedangkan kadar kolesterol dalam darah ditentukan dengan uji laboratorium. Hubungan antara konsumsi ikan dengan kadar kolesterol darah dan status gizi serta hubungan antara IMT dengan kadar kolesterol darah pada suku Bajau diuji dengan korelasi product moment (r) dengan tingkat kepercayaan 95% pada program SPSS versi 11,5 menggunakan komputer.

 

Hasil penelitian : Rata – rata konsumsi ikan pada Suku Bajau adalah sebesar 253,45 gr/hari, rata – rata kadar kolesterol darah sebesar 189,61 mg/dl dan rata-rata Indeks Massa Tubuh (IMT) sampel sebesar 24,54 kg/m2. Hasil analisis statistik correlation product moment (r) menunjukan tidak ada hubungan yang bermakna (p>0,05) antara konsumsi ikan dengan status gizi dan kadar kolesterol
dalam darah darah. Hubungan yang tidak bermakna (p>0,05) juga ditemukan pada hasil uji korelasi (r) antara Indeks Massa Tubuh (IMT) dengan kadarkolesterol darah.

 

Kesimpulan : Tidak ada hubungan antara konsumsi ikan dengan kadar kolesterol darah dan status gizi pada Suku Bajau di Sulawesi Tenggara.

 

Kata Kunci : Konsumsi ikan, Kolesterol darah, Status gizi, Skripri Gizi

Description: Download Skripsi Kesehatan (Kolesterol) Rating: 4.5 Reviewer: Bima Lanang - ItemReviewed: Download Skripsi Kesehatan (Kolesterol)
Jadilah Blogger Yang Jujur. Cantumkan Sumber Link Berikut Jika Anda Mencopy Artikel Ini.


Artikel Terkait:

Berlangganan via email gratis (Click Subscribe, Tunggu Pop Up dan Isi Email Anda):

Posted by: Bima Lanang, Updated at: Minggu, April 22, 2012

0 komentar :

Posting Komentar

Sebagai Manusia Biasa Saya Masih Banyak Kekurangan. Untuk Itu Kritik dan Saran Yang Membangun Dari Sobat Sangat Besar Saya Harapkan. Terima Kasih Kepada Sobat Yang Telah Meluangkan Waktu Untuk Berkomentar dan Mohon Maaf Jika Komentar Yang Menggunakan Pilihan 'Anonim', Terpaksa Harus Saya Abaikan, Karena “SPAM” Tidak Hanya Melanggar Hukum Tetapi Juga “BERDOSA”

MY BEST FRIENDS