~~ Selamat Datang di Blog Bima Lanang. Salam Hangat Selalu Dari Kami Blogger NTB. Semoga Kita Senantiasa Dapat Selalu Tersenyum ~~

Kamis, 26 April 2012

Download Skripsi Kesehatan (Rasio Lingkar Pinggang Dengan Lingkar Pinggul)

HUBUNGAN ANTARA RASIO LINGKAR PINGGANG DENGAN LINGKAR PINGGUL (RLPP) DAN KEBIASAAN MENGKONSUMSI MAKANAN OLAHAN TERHADAP KEJADIAN HIPERTENSI PADA PASIEN RAWATJALAN DI RUMAH SAKIT PANTI RAPIH YOGYAKARTA

Download Skripsi Lengkap Gratis 

 

Hubungan Antara Rasio Lingkar Pinggang Dengan Lingkar Pinggul (RLPP) Dan Kebiasaan Mengkonsumsi Makanan Olahan Terhadap Kejadian Hipertensi Pada Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit Panti Rapih Yogyakarta

Eneng Ernawati, Martalena Br. Purba, Isti Suryani.

 

INTISARI

Latar Belakang: Hipertensi disebut sebagai the silent disease. Faktor penyebab hipertensi salah satunya adalah kelebihan berat badan terutama di bagian abdomen yang ditandai dengan nilai RLPP diatas normal dan asupan natrium yang tinggi. Prevalensi hipertensi di Poliklinik Penyakit Dalam RS Panti Rapih pada tahun 2006 (Januari- Agustus) sebesar 17,78%.

 

Tujuan Penelitian : Mengetahui hubungan antara rasio lingkar pinggang dengan lingkar pinggul dan kebiasaan mengkonsumsi makanan olahan terhadap kejadian hipertensi pada pasien rawat jalan di RS Panti Rapih Yogyakarta.

 

Metodologi Penelitian : Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan rancangan penelitian kasus kontrol. Pengambilan data dilakukan pada bulan Agustus 2006. Populasi sampel dalam penelitian ini adalah pasien yang berkunjung ke Poliklinik Penyakit Dalam RS Panti Rapih Yogyakarta. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 35 orang kasus dan 35 orang kontrol. Uji statistik yang digunakan untuk menganalisis hubungan adalah uji Chi - Square dengan tingkat kepercayaan 95%.

 

Hasil Penelitian :Jumlah sampel yang memiliki nilai RLPP lebih sebanyak 11 orang (31,4%) kasus dan 7 orang (20%) kontrol sedangkan sampel yang memilki nilai RLPP normal sebanyak 24 orang (68,6%) kasus dan 28 orang (80%) kontrol dengan nilai odd ratio (OR)= 1,83 dan p = 0, 27. Jumlah sampel yang sering mengkonsumsi makanan olahan sebanyak 15 orang (42,9%) kasus dan 12 orang (34,3%) kontrol sedangkan sampel yang jarang mengkonsumsi makanan olahan sebanyak 20 orang (57,1%) kasus dan 23 orang (65,7%) dengan odd ratio 1,44 dan p= 0,46.

 

Kesimpulan : Tidak terdapat hubungan yang bermakna antara rasio lingkar pinggang dengan lingkar pinggul dan kebiasaan mengkonsumsi makanan olahan terhadap kejadian hipertensi pada pasien rawat jalan di RS Panti Rapih Yogyakarta.

 

Kata Kunci : rasio lingkar pinggang dan lingkar pinggul, obesitas android makanan olahan, hipertensi.

 

>> Download Skripsi Kesehatan Gizi (RLPP) Lengkap <<

Description: Download Skripsi Kesehatan (Rasio Lingkar Pinggang Dengan Lingkar Pinggul) Rating: 4.5 Reviewer: Bima Lanang - ItemReviewed: Download Skripsi Kesehatan (Rasio Lingkar Pinggang Dengan Lingkar Pinggul)
Jadilah Blogger Yang Jujur. Cantumkan Sumber Link Berikut Jika Anda Mencopy Artikel Ini.


Artikel Terkait:

Berlangganan via email gratis (Click Subscribe, Tunggu Pop Up dan Isi Email Anda):

Posted by: Bima Lanang, Updated at: Kamis, April 26, 2012

0 komentar :

Posting Komentar

Sebagai Manusia Biasa Saya Masih Banyak Kekurangan. Untuk Itu Kritik dan Saran Yang Membangun Dari Sobat Sangat Besar Saya Harapkan. Terima Kasih Kepada Sobat Yang Telah Meluangkan Waktu Untuk Berkomentar dan Mohon Maaf Jika Komentar Yang Menggunakan Pilihan 'Anonim', Terpaksa Harus Saya Abaikan, Karena “SPAM” Tidak Hanya Melanggar Hukum Tetapi Juga “BERDOSA”

MY BEST FRIENDS