~~ Selamat Datang di Blog Bima Lanang. Salam Hangat Selalu Dari Kami Blogger NTB. Semoga Kita Senantiasa Dapat Selalu Tersenyum ~~

Jumat, 20 Juli 2012

Kompetensi Supervisi Akademik : Pengembangan Mata Pelajaran Dalam KTSP

Salah satu bidang tugas supervisor atau pengawas pendidikan adalah berkaitan dengan pengembangan kurikulum. Posisi supervisor sebagai “guru-nya para guru” mengharuskan mereka menguasai konsep-konsep dan teori pengembangan kurikulum secara umum, serta kebijakan-kebijakan pemerin-tah yang berkaitan dengan kurikulum.

 

Hal ini merupakan kompetensi yang harus benar-benar dikuasai oleh supervisor, karena setiap saat ia berhadapan dengan kepala sekolah dan guru yang menggapnya sebagai resources person yang serba tahu.

 

Kebijakan pemerintah mengenai pemberlakuan Kurikulum Tingkat Sa-tuan Pendidikan adalah sejalan dan dilandasi paradigma baru pengelolaan pendidikan yang memberikan otonomi kepada sekolah. Sekolah sesuai dengan kondisinya, potensi siswa, dan potensi daerah dalam batas-batas tertentu di-beri keleluasaan untuk mengembangkan kurikulumnya sendiri. Sekolah diha-rapkan dapat melakukan analisis kekuatan dan kelemahan yang dimiliki, serta peluang dan ancaman yang dihadapi. Dari sini mereka bersama-sama dengan stakeholdernya dapat membuat benchmarking yang tidak harus sama dengan sekolah di tempat lain.

 

Sayangnya banyak sekolah yang tidak mampu menerjamahkan esensi kebijakan tersebut. Mereka lebih mengharapkan pemerintah memberikan pe-doman, aturan, dan petunjuk teknis yang jelas dan terrinci. Sekolah-sekolah selama ini sebagian besar sudah terbiasa “diatur”, sehingga ada yang gagap, malas atau kurang percaya diri ketika diberi kesempatan “mengatur” diri sen-diri. Fenomena ini dapat ditemui di banyak sekolah pada awal-awal pember-lakukan KTSP.

 

Dalam situasi demikian peran pengawas sangat diharapkan. Pengawas sharusnya memberikan dorongan sekaligus membimbing para kepala, wakil kepala sekolah, guru, dan komite sekolah untuk mengembangkan KTSP, si-labus, dan RPP sebagai bagian tak terpisahkan. Di sekolah-sekolah harus di-kembangkan tradisi baru, yaitu bukan hanya bekerja keras, namun juga berpi-kir keras untuk menyahuti otonomi dan kewenangan yang telah diberikan pe-merintah.

 

Materi diklat ini dirancang untuk membekali pengawas dalam membim-bing kepala sekolah dan guru mengenai perkembangan mata pelajaran dalam KTSP.

>> Download Kompetensi Supervisi Akademik >>

Pengembangan Mata Pelajaran Dalam KTSP

Description: Kompetensi Supervisi Akademik : Pengembangan Mata Pelajaran Dalam KTSP Rating: 4.5 Reviewer: Bima Lanang - ItemReviewed: Kompetensi Supervisi Akademik : Pengembangan Mata Pelajaran Dalam KTSP
Jadilah Blogger Yang Jujur. Cantumkan Sumber Link Berikut Jika Anda Mencopy Artikel Ini.


Artikel Terkait:

Berlangganan via email gratis (Click Subscribe, Tunggu Pop Up dan Isi Email Anda):

Posted by: Bima Lanang, Updated at: Jumat, Juli 20, 2012

0 komentar :

Posting Komentar

Sebagai Manusia Biasa Saya Masih Banyak Kekurangan. Untuk Itu Kritik dan Saran Yang Membangun Dari Sobat Sangat Besar Saya Harapkan. Terima Kasih Kepada Sobat Yang Telah Meluangkan Waktu Untuk Berkomentar dan Mohon Maaf Jika Komentar Yang Menggunakan Pilihan 'Anonim', Terpaksa Harus Saya Abaikan, Karena “SPAM” Tidak Hanya Melanggar Hukum Tetapi Juga “BERDOSA”

MY BEST FRIENDS