~~ Selamat Datang di Blog Bima Lanang. Salam Hangat Selalu Dari Kami Blogger NTB. Semoga Kita Senantiasa Dapat Selalu Tersenyum ~~

Kamis, 27 Oktober 2011

Dunia Industri dalam Pembangunan Berkelanjutan

clip_image002

Pembangunan berkelanjutan didefinisikan secara beragam oleh para ahli. Di antaranya menjelaskan bahwa Pembangunan berkelanjutan adalah setiap usaha untuk membuat kemajuan atau perubahan ke arah kondisi yang lebih baik. Dalam arti ekonomi, pembangunan merupakan upaya untuk memaksimalkan efisiensi alokasi sumber daya guna memenuhi kebutuhan kita. Sementara Kata berkelanjutan atau suistanable berasal dari kata “subternir” yang berarti menahan atau mendukung dari bawah. Suatu masyarakat untuk dapat hidup memang perlu dukungan dari warganya baik untuk waktu kini maupun pada masa mendatang.

 

Selain itu, pembangunan berkelanjutan dapat juga berarti menjaga pertumbuhan jumlah penduduk yang tetap sepadan dengan kapasitas produksi sesuai dengan daya dukung lingkungan. Pembangunan berkelanjutan sebagai sarana untuk menjaga keseimbangan antara jumlah penduduk dan kemampuan produksi sesuai daya dukung lingkungan mengindikasikan adanya keterbatasan sumber daya yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan dan persyaratan keseimbangan dalam pelaksanaan pembangunan untuk mencapai kondisi kesinambungan yang akan berubah sesuai situasi dan kondisi serta waktu.

 

Sebagai kesimpulan, pembangunan berkelanjutan memiliki dua unsur pokok yaitu kebutuhan yang wajib dipenuhi terutama bagi kaum miskin, dan kedua adanya keterbatasan sumber daya dan teknologi serta kemampuan organisasi sosial dalam memanfaatkan lingkungan untuk memenuhi kebutuhan masa kini dan masa mendatang. Untuk itu Komisi Brandtland memberikan usulan penting dalam pembangunan berkelanjutan yaitu adanya keterpaduan konsep politik untuk melakukan perubahan yang mencakup berbagai masalah baik sosial, ekonomi maupun lingkungan.

 

Pembahasan lengkap tentang artikel tersebut bisa anda dapatkan pada link-link berikut.

 

Download file word [ klik disini ]

Kunjungi situs sumbernya [ klik disini ]

 

Sekian semoga bermanfaat.

Description: Dunia Industri dalam Pembangunan Berkelanjutan Rating: 4.5 Reviewer: Bima Lanang - ItemReviewed: Dunia Industri dalam Pembangunan Berkelanjutan
Jadilah Blogger Yang Jujur. Cantumkan Sumber Link Berikut Jika Anda Mencopy Artikel Ini.


Artikel Terkait:

Berlangganan via email gratis (Click Subscribe, Tunggu Pop Up dan Isi Email Anda):

Posted by: Bima Lanang, Updated at: Kamis, Oktober 27, 2011

0 komentar :

Posting Komentar

Sebagai Manusia Biasa Saya Masih Banyak Kekurangan. Untuk Itu Kritik dan Saran Yang Membangun Dari Sobat Sangat Besar Saya Harapkan. Terima Kasih Kepada Sobat Yang Telah Meluangkan Waktu Untuk Berkomentar dan Mohon Maaf Jika Komentar Yang Menggunakan Pilihan 'Anonim', Terpaksa Harus Saya Abaikan, Karena “SPAM” Tidak Hanya Melanggar Hukum Tetapi Juga “BERDOSA”

MY BEST FRIENDS