~~ Selamat Datang di Blog Bima Lanang. Salam Hangat Selalu Dari Kami Blogger NTB. Semoga Kita Senantiasa Dapat Selalu Tersenyum ~~

Rabu, 30 Mei 2012

Kompetensi Evaluasi Pendidikan, Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran

PENDAHULUAN

Dalam penyelenggaraan pendidikan di Indonesia sejauh ini proses pem-belajaran di kelas seolah-olah masih merupakan otoritas sepenuhnya pada gu-ru. Hampir tidak ada pihak luar yang peduli, memerhatikan serta mencermati pelaksanaan pembelajaran guru dihadapan siswanya. Bahkan sering dikata-kan bahwa pekerjaan guru adalah merupakan profesi yang tidak dapat dilihat oleh orang lain, kecuali klien (siswa). Apabila ada pihak lain, baik itu penga-was, kepala sekolah, apa lagi sesama guru yang ingin tahu bagaimana seorang guru mengajar, maka hal ini dianggap tabu dan bisa dikatakan tidak percaya kepada seorang guru.

 

Hal ini tentu dipengaruhi oleh budaya tertutup yang melingkupi iklim kerja di sekolah-sekolah. Oleh karena itu walau pun kepala sekolah dan pe-ngawas (supervisor) memiliki kewenangan untuk monitoring dan menilai ki-nerja guru dalam pembelajaran, namun hal ini kurang maksimal dilakukan. Penilaian kinerja guru sering hanya diukur dari administrasi pembelajaran yang ditulis. Kunjungan kelas seakan masih merupakan formalitas, atau bah-kan hanya dilakukan bila seorang guru dianggap bermasalah.

 

Kondisi demikian tentu tidak mendukung upaya peningkatan mutu pen-didikan, yang ruhnya terletak pada interaksi antara guru dan murid di kelas. Akuntabilitas guru menjadi rendah, dan terfokus pada bagaimana membuat siswa dapat mengerjakan soal-soal ujian. Pada mata pelajaran tertentu yang tidak termasuk materi ujian nasional, bahkan dikesankan lebih santai lagi. Pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, menyenangkan, dan bermakna bagi kehidupan siswa, masih jauh dari harapan.

 

Dalam kondisi demikian, maka peran pengawas sangat diharapkan. Pe-ngawas harus berfungsi sebagai instrumen quality controll dalam proses pen-didikan, pembelajaran/bimbingan. Kualitas tidak hanya pada dimensi keter-capaian target materi dan nilai ulangan siswa, namun juga kebermaknaan proses pembelajaran.

 

Berdasarkan latar belakang tersebut, maka materi ini disusun sebagai bekal bagi pengawas dalam monitoring pelaksanaan pembelajaran/bimbingan oleh para guru.

MONITORING DAN EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

A. Hakikat Monitoring Pelaksanaan Pembelajaran

Monitoring pelaksanaan pembelajaran adalah kegiatan monitoring yang menyertakan proses pengumpulan, penganalisisan, pencatatan, pelaporan dan penggunaan informasi manajemen tentang pelaksanaan kegiatan pembelajar-an. Fokus kegiatan monitoring pelaksanaan pembelajaran ada pada kegiatan dan tingkat capaian dari perencanaan pembelajaran yang telah dibuat berda-sarkan tujuan yang telah ditetapkan. Kegiatan monitoring pelaksanaan pembe-lajaran berkaitan dengan penilaian terhadap pelaksanaan kegiatan pembela-jaran dan pengidentifikasian tindakan untuk memperbaiki kekurangan dalam kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan.

 

B. Tujuan Monitoring Pelaksanaan Pembelajaran

 

Tujuan utama dari kegiatan monitoring pelaksanaan pembelajaran adalah:

  1. Menyediakan informasi yang relevan dan tepat waktu pada pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang akan membantu pembuatan keputusan manajemen yang efektif oleh pengawas satuan pendidikan.
  2. Mendorong diskusi mengenai kemajuan pelaksanaan pembelajaran bersama para guru, dan merencanakan berbagai tindakan yang diperlukan.
  3. Menyumbang pada akuntabilitas. Supervisor perlu mengetahui bahwa kegiatan pembelajaran yang sedang dilaksanakan sesuai dengan rencana pembelajaran yang telah dibuat, sesuai kurikulum tingkat satuan pendidikan, dan sesuai dengan tujuan pada tingkat satuan pendidikan.
  4. Menyediakan sumber informasi kemajuan/prestasi utama bagi para pengam-bil keputusan
  5. Memberikan masukan terhadap pengambilan keputusan. Apakah pembe-lajaran yang telah dilaksanakan sudah cukup baik, atau perlu adanya ino-vasi dan revisi dalam kegiatan pembelajaran.

 

C. Kerangka Monitoring Pelaksanaan Pembelajaran

Kerangka kegiatan monitoring pelaksanaan pembelajaran adalah untuk menyediakan sebuah basis konseptual dan metodologi bagi pelaksanaan pe-mantauan/monitoring sewaktu pelaksanaan kegiatan pembelajaran berlang-sung, dan untuk menjelaskan instrumen tertentu yang akan digunakan untuk memfasilitasi pengumpulan informasi dan pelaporan. Karena itu, kerangka monitoring pelaksanaan pembelajaran diharapkan dapat bermanfaat bagi pe-ngawas satuan pendidikan, kepala sekolah, dan guru agar pelaksanaan pem-belajaran lebih terkontrol dan efektif.

 

>>Download Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran<<

Description: Kompetensi Evaluasi Pendidikan, Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Rating: 4.5 Reviewer: Bima Lanang - ItemReviewed: Kompetensi Evaluasi Pendidikan, Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran
Jadilah Blogger Yang Jujur. Cantumkan Sumber Link Berikut Jika Anda Mencopy Artikel Ini.


Artikel Terkait:

Berlangganan via email gratis (Click Subscribe, Tunggu Pop Up dan Isi Email Anda):

Posted by: Bima Lanang, Updated at: Rabu, Mei 30, 2012

0 komentar :

Posting Komentar

Sebagai Manusia Biasa Saya Masih Banyak Kekurangan. Untuk Itu Kritik dan Saran Yang Membangun Dari Sobat Sangat Besar Saya Harapkan. Terima Kasih Kepada Sobat Yang Telah Meluangkan Waktu Untuk Berkomentar dan Mohon Maaf Jika Komentar Yang Menggunakan Pilihan 'Anonim', Terpaksa Harus Saya Abaikan, Karena “SPAM” Tidak Hanya Melanggar Hukum Tetapi Juga “BERDOSA”

MY BEST FRIENDS