~~ Selamat Datang di Blog Bima Lanang. Salam Hangat Selalu Dari Kami Blogger NTB. Semoga Kita Senantiasa Dapat Selalu Tersenyum ~~

Selasa, 13 Desember 2011

Peran Pekerjaan Sosial dalam Kesejahteraan Sosial Dan Organisasi Pelayanan Manusia

Peksos

Dalam mukadimah kode etik asosiasi pekerja sosial ( NASW ) menyatakan bahwa misi utama dari profesi pekerja sosial adalah untuk meningkatkan kemampuan manusia dan membantu memenuhi kebutuhan dasarnya atau semua orang yang memerlukan perhatian khusus terhadap kebutuhan-kebutuhan dasarnya dan menguatkan orang-orang yang merupakan kelompok rentan, terhimpit (mengalami kesulitan) dan hidup dalam kemiskinan.

 

Organisasi Pelayanan Manusia

Organisasi Pelayanan Manusia Human Services Organization (HSO)

Organisasi pelayanan manusia, merupakan organisasi yang mempekerjakan pekerja sosial atau kesejahteraan sosial, didalamnya terdapat bermacam-macam orang, bervariasi dalam ukuran, naungan, bidang pelayanan, derajat profesionalisasi, stuktur otoritas, dan sebagainya.

 

Organisasi Pelayanan Sosial didefinisikan sebagai sekumpulan orang yang tergabung dalam suatu organisasi yang fungsi utamanya adalah untuk melindungi, memelihara atau meningkatkan kesejahteraan individu-individu dengan cara menentukan atau menetapkan, merubah atau membentuk atribut personal mereka.

 

Pada umumnya, setiap organisasi memiliki karakteristik kunci yang membedakan dengan bentuk-bentuk organisasi lainnya. Tiga kriteria yang sangat umum digunakan dalam literatur untuk memahami organisasi pelayanan manusia, adalah tujuan (purpose), teknologi (technology) dan naungan (auspice).

 

Hasenfeld, membedakan ada 2 (dua) aspek pokok untuk mengategorikan organisasi pelayanan manusia, yaitu :

a. Jenis konsumen yang dilayanani bermasalah atau tidak

b. Prosedur dan teknik yang digunakan untuk melihat perubahan pada diri konsumen misalnya kuratif atau pengembangan.

 

1. Tujuan

Organisasi pelayanan manusia bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dan memberikan kontribusi terhadap kesejahteraan konsumennya serta memberikan kontribusi terhadap kesejahteraan secara menyeluruh. Misalnya mempengaruhi kebijakan pembangunan sosial, melakukan advokasi dan perencanaan kegiatan.

 

2. Teknologi

Peranan teknologi terutama adalah dalam pembentukan struktur organisasi, proses organisasi, dan memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap organisasi. Teknologi dalam organisasi pelayanan manusia adalah merupakan suatu cara untuk melakukan perubahan terhadap atribut orang. Cara melakukan perubahan terhadap atribut orang, berbeda dengan berubahan atribut “benda mati”

 

Haselfeld, membagi beberapa jenis teknologi dalam organisasi pelayanan manusia, yaitu people processing, people sustaining, people changing, dan people controlling.

 

Teknologi untuk memproses orang (people processing technology) yaitu memberikan label atau cap atau status terhadap orang dengan mengarahkan orang tersebut diperlakukan dalam cara-cara tertentu oleh organisasi atau lembaga sosial, misalnya penyandang masalah akan mendapat perlakukan tertentu dari organisasi bentuknya dengan membuat diagram masalah bahwa orang tersebut akan kelihatan memiliki masalah tertentu.

 

Teknologi untuk mendukung orang (people sutaining technology) yaitu memberikan perawatan atau kesejahteraan secara personal tanpa harus merubah ciri-ciri orang tersebut. Misalnya pelayan dukungan kepada panti asuhan, pelayanan akomodasi.

 

Teknologi untuk merubah (people changing technology) yaitu mencoba merubah ciri-ciri probadi orang. Misalnya melakukan terapi individu atau terapi kelompok, memberikan konseling.

 

Teknologi untuk mengontrol orang (people controling technology) yaitu adanya aktivitas dalam mengontrol, represi (penekanan-penekanan). Misalnya lembaga pemasyarakatan, pelayanan koreksional, rumah sakit.

 

3. Naungan atau auspice

Naungan atau auspice dalam organisasi ini diartikan sebagai perlindungan atau mandat dibawahh mana organisasi tersebut bekerja. Misalnya organisasi pelayanan manusia berada di bawah naungan publik atau pemerintah

 

Artikel lengkap tersebut dapat anda download pada link-link berikut.

Download file word [ klik disini ]

Kunjungi sumber aslinya

1. Pekerjaan Sosial dalam Kesejahteraan Sosial [ klik disini ]

2. Organisasi Pelayanan Manusia [ klik disini ]

 

Sekian semoga bermanfaat.

Description: Peran Pekerjaan Sosial dalam Kesejahteraan Sosial Dan Organisasi Pelayanan Manusia Rating: 4.5 Reviewer: Bima Lanang - ItemReviewed: Peran Pekerjaan Sosial dalam Kesejahteraan Sosial Dan Organisasi Pelayanan Manusia
Jadilah Blogger Yang Jujur. Cantumkan Sumber Link Berikut Jika Anda Mencopy Artikel Ini.


Artikel Terkait:

Berlangganan via email gratis (Click Subscribe, Tunggu Pop Up dan Isi Email Anda):

Posted by: Bima Lanang, Updated at: Selasa, Desember 13, 2011

0 komentar:

Poskan Komentar

Sebagai Manusia Biasa Saya Masih Banyak Kekurangan. Untuk Itu Kritik dan Saran Yang Membangun Dari Sobat Sangat Besar Saya Harapkan. Terima Kasih Kepada Sobat Yang Telah Meluangkan Waktu Untuk Berkomentar dan Mohon Maaf Jika Komentar Yang Menggunakan Pilihan 'Anonim', Terpaksa Harus Saya Abaikan, Karena “SPAM” Tidak Hanya Melanggar Hukum Tetapi Juga “BERDOSA”

MY BEST FRIENDS