~~ Selamat Datang di Blog Bima Lanang. Salam Hangat Selalu Dari Kami Blogger NTB. Semoga Kita Senantiasa Dapat Selalu Tersenyum ~~

Kamis, 27 Oktober 2011

Beberapa Pengetahuan dan Keterampilan dalam Pekerjaan Sosial Makro

Sebagian besar pekerja sosial bekerja pada lembaga, baik lembaga pemerintah, swasta, maupun sukarela, seperti Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) Karang Taruna, Organisasi Sosial (Orsos), LSM dalam kegiatannya seringkali melibatkan lembaga pelayanan kemanusiaan. Untuk dapat memberikan pelayanan dan program-program sosial secara efektif, pekerja sosial perlu mengetahui visi, misi, struktur, pendanaan, kebijakan dan prosedur-prosedur lembaga.

 

Edi Suharto, PhD menjelaskan, beberapa hal yang tersaji di bawah ini dapat membantu pekerja sosial memahami lembaga pelayanan kemanusiaan, yaitu :

  1. Pelajari bagan lembaga dan tentukan bagaimana bagian-bagian atau seksi-seksi lembaga selaras dengan struktur organisasi.
  2. Pelajari perundang-undangan dan peraturan-peraturan setempat yang mempengaruhi kebijakan dan pelaksanaan program lembaga.
  3. Pelajari kebijakan dan juklak-juknis lembaga. Beri perhatian khusus pada petunjuk- petunjuk etis atau pedoman perilaku pegawai.
  4. Bacalah dokumen yang menjelaskan sejarah, visi, dan misi lembaga.
  5. Pelajari kebijakan kepegawaian lembaga.
  6. Pelajari sistem pendanaan lembaga: sumber dana, alokasi dana, laporan-laporan  pengeluaran lembaga.
  7. Pelajari laporan tahunan lembaga dan ketahui program-program lembaga yang mana yang paling sering atau paling jarang dimanfaatkan oleh klien.
  8. Pelajari prosedur yang digunakan untuk mengevaluasi keberhasilan lembaga dan kualitas pelayanan yang diberikan.
  9. Identifikasi organisasi-organisasi lain dengan mana lembaga sering berhubungan.
  10. Pelajari peran, tugas, dan kegiatan khusus yang diberikan kepada para pekerja sosial
  11. Berbicaralah kepada tokoh-tokoh masyarakat dan kaum profesional lain mengenai  lembaga tersebut untuk mengetahui bagaimana program-program lembaga tersebut dilihat oleh pihak lain.

Artikel lengkap dapat anda download pada link-link berikut.

Download file word [ klik disini ]

Kunjungi situs sumbernya [ klik disini ]

 

Sekian semoga bermanfaat.

Description: Beberapa Pengetahuan dan Keterampilan dalam Pekerjaan Sosial Makro Rating: 4.5 Reviewer: Bima Lanang - ItemReviewed: Beberapa Pengetahuan dan Keterampilan dalam Pekerjaan Sosial Makro
Jadilah Blogger Yang Jujur. Cantumkan Sumber Link Berikut Jika Anda Mencopy Artikel Ini.


Artikel Terkait:

Berlangganan via email gratis (Click Subscribe, Tunggu Pop Up dan Isi Email Anda):

Posted by: Bima Lanang, Updated at: Kamis, Oktober 27, 2011

0 komentar :

Posting Komentar

Sebagai Manusia Biasa Saya Masih Banyak Kekurangan. Untuk Itu Kritik dan Saran Yang Membangun Dari Sobat Sangat Besar Saya Harapkan. Terima Kasih Kepada Sobat Yang Telah Meluangkan Waktu Untuk Berkomentar dan Mohon Maaf Jika Komentar Yang Menggunakan Pilihan 'Anonim', Terpaksa Harus Saya Abaikan, Karena “SPAM” Tidak Hanya Melanggar Hukum Tetapi Juga “BERDOSA”

MY BEST FRIENDS