~~ Selamat Datang di Blog Bima Lanang. Salam Hangat Selalu Dari Kami Blogger NTB. Semoga Kita Senantiasa Dapat Selalu Tersenyum ~~

Selasa, 29 Mei 2012

Download Tesis MAP, Manajemen Strategis Untuk Optimalisasi Kinerja

MANAJEMEN STRATEGIS UNTUK OPTIMALISASI KINERJA

PADA BADAN PENGENDALIAN DAMPAK LINGKUNGAN

DAERAH KABUPATEN PASIR

 

KUMPULAN SKRIPSI THESIS TA KTI KARYA ILMIAH  BERBAGAI JURUSAN INTISARI

Penelitian ini mengambil judul manajemen strategis untuk optimalisasi kinerja pada Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Daerah Kabupaten Pasir, yang bertujuan untuk mengetahui strategi-strategi apakah yang harus diterapkan BAPEDALDA Kabupaten Pasir untuk meningkatkan kinerjanya.

 

Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan manajemen strategis dan teknik pengumpulan data melalui studi pustaka, observasi, dan wawancara. Penelitian ini hanya mengadaptasi 4 tahap dari keseluruhan tahapan proses manajemen strategis, yaitu pertama, melakukan analisis terhadap faktor-faktor lingkungan eksternal untuk mengetahui peluang dan ancaman, kedua, melakukan analisis terhadap faktor-faktor lingkungan internal untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan, Ketiga, mengindentifikasi isu-isu strategis dengan menggunakan model analisis SWOT yang menampilkan matrik enan kotak dan dilanjutkan dengan test litmus untuk menentukan kategori isu-isu strategis, keempat, menentukan strategi-strategi yang harus diterapkan BAPEDALDA Kabupaten Pasir untuk meningkatkan kinerjanya.

 

Dari hasil penelitian diketahui terdapat 6 isu strategis yang dihadapi dan 14 strategi yang harus diterapkan BAPEDALDA Kabupaten Pasir untuk meningkatkan kinerjanya, sebagai berikut :

 

1.Isu Strategis meningkatkan kemampuan BAPEDALDA Kabupaten Pasir : (a) Peningkatan kuantitas dan kualitas sumberdaya aparatur BAPEDALDA Kabupaten Pasir, (b) Mengadakan kerjasama dengan perguruan tinggi dan lembaga-lembaga penelitian di bidang lingkungan hidup, (c) Meningkatkan hubungan kerja, (d) Mengusulkan penambahan sarana dan prasana pengelolaan lingkungan hidup.

Dalam memformulasikan strategi ini, ternyata secara langsung telah mengakomodasi dua isu strategis lainnya, yaitu (1) Mengembangkan kemampuan sumberdaya aparatur BAPEDALDA Kabupaten Pasir, dan (2) Meningkatkan sistem informasi dan data lingkungan hidup.

 

2.Isu Strategi Mengembangkan pola kemitraan dalam forum komunikasi pengelolaan lingkungan hidup : (a) Pembentukan Tim Kerja oleh BAPEDALDA Kabupaten Pasir yang melibatkan sektor swasta dan lembaga swadaya masyarakat, (b) Pelaksanaan Sosialiasi melalui kegiatan formal maupun informal, (c) Mempersiapkan infrastruktur dan suprastruktur pembentukan kelembagaan secara keseluruhan.

 

3.Isu Strategis Pengakan hukum Pengelolaan lingkungan Hidup : (a) Inventarisasi dan sosialisasi berbagai peraturan perundang-undang di bidang lingkungan hidup, (b) Mengusulkan penyempurnaan dan pembentukan peraturan daerah dalam bidang pengelolaan lingkungan hidup daerah, (c) Penelitian dan pelembagaan hukum adat masyarakat Kabupaten Pasir yang berkaitan dengan pengelolaan lingkungan hidup (d) Meningkatkan Kemampuan Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) di bidang lingkungan hidup, (e) Menetapkan pemberian sanksi kepada pelaku-pelaku pencemaran dan perusakan lingkungan.

 

4.Isu Strategis meningkatkan pembinaan masyarakat : (a) Menyelenggarakan pendidikan, pelatihan, dan penyuluhan untuk mengembangkan kemandirian masyarakat, (b) Meningkatkan kualitas lingkungan pemukiman masyarakat.

 

Berdasarkan keseluruhan uraian tersebut, melalui strategi-strategi yang direkomendasikan dalam menghadapi isu-isu strategis yang telah diindentifikasi maka BAPEDALDA Kabupaten Pasir diharapkan mampu meningkatkan kinerjanya sesuai dengan misi yang diemban dalam mencapai visi keberhasilan dimasa depan.

 

>> Download Tesis MAP, Manajemen Strategis Untuk Optimalisasi Kinerja <<

Description: Download Tesis MAP, Manajemen Strategis Untuk Optimalisasi Kinerja Rating: 4.5 Reviewer: Bima Lanang - ItemReviewed: Download Tesis MAP, Manajemen Strategis Untuk Optimalisasi Kinerja
Jadilah Blogger Yang Jujur. Cantumkan Sumber Link Berikut Jika Anda Mencopy Artikel Ini.


Artikel Terkait:

Berlangganan via email gratis (Click Subscribe, Tunggu Pop Up dan Isi Email Anda):

Posted by: Bima Lanang, Updated at: Selasa, Mei 29, 2012

0 komentar :

Posting Komentar

Sebagai Manusia Biasa Saya Masih Banyak Kekurangan. Untuk Itu Kritik dan Saran Yang Membangun Dari Sobat Sangat Besar Saya Harapkan. Terima Kasih Kepada Sobat Yang Telah Meluangkan Waktu Untuk Berkomentar dan Mohon Maaf Jika Komentar Yang Menggunakan Pilihan 'Anonim', Terpaksa Harus Saya Abaikan, Karena “SPAM” Tidak Hanya Melanggar Hukum Tetapi Juga “BERDOSA”

MY BEST FRIENDS