~~ Selamat Datang di Blog Bima Lanang. Salam Hangat Selalu Dari Kami Blogger NTB. Semoga Kita Senantiasa Dapat Selalu Tersenyum ~~

Senin, 02 Januari 2012

Sosok di Balik Ketenaran Zahir Accounting Software

 

 

Sebagai warga Negara Indonesia perlu rasanya kita mengapresiasi setinggi-tingginya atas kreativitas dan inovasi yang dikembangkan oleh PT Zahir Internasional, sebuah perusahaan Internasional asli Indonesia yang bergerak dibidang penjualan dan pengembangan perangkat lunak akuntansi karena berkat perangkat lunak tersebut, Indonesia dapat disejajarkan dengan negara-negara lain khususnya dalam hal pengembangan perangkat lunak dibidang akuntansi.

 

Adalah Fadil Fuad Basymeleh, pria kelahiran Surabaya 6 November 1971 yang kini menetap di Kota Malang, Jawa Timur. Dialah sosok yang paling berperan dibalik kesuksesan PT Zahir Internasional. Sebagai Chairman perusahaan software terkemuka di Indonesia, Fadil Fuad Basymeleh dikenal sebagai sosok yang rendah hati dan taat beribadah.

 

Menempuh jenjang strata satu di Jurusan Teknik Fisika Institut Teknologi Bandung (ITB) tahun 1990-1996. Pada masa-masa kuliah, Fadil muda mulai merintis usaha setting dan pracetak di Bandung (tahun 1992). Usaha tersebut kian maju dan makin berkembang dan meningkat menjadi usaha percetakan dan bidang periklanan. Tahun 1997, Fadil mendirikan usaha software house, dengan merek dagang Zahir Accounting. Sementara nama Zahir sendiri diambil dari nama seorang ilmuwan asal Pakistan yang menemukan sistem accunting pertama di dunia sekitar abad 16. Tahun 2003, Fadil terus bergeliat dengan usaha software publishing, yang khusus memasarkan Zahir Accounting.

 

Tahun 1993 Fadil Fuad Basymeleh memutuskan untuk menikahi Rosyidah. Pada waktu usianya masih cukup muda, 22 tahun lebih sedikit. Dari pernikahan itu Fadil mendapat rejeki yang berlimpah yaitu, usaha yang dijalani semakin maju dan dikaruniai empat orang anak.

 

 

 

 

Menurut penuturan Fadil, ke empat anaknya tersebut masing-masing membawa rejeki tersendiri. Ketika anak pertamanya lahir (1994) dirinya mendapatkan pinjaman Rp 50 juta dari Sarana Modal Ventura Jawa Barat. Saat anak kedua lahir tahun 1997, dia juga memperoleh tambahan kredit yang cukup besar, Rp 600 juta dari Sarana Modal Ventura Jawa Barat. Anak yang ketiga lahir (2001) dia pindah ke Jakarta dan mendirikan usaha software house. Dan sekitar bulan Oktober tahun 2003, setelah anak keempat lahir, dia bersama kawan lamanya, M Ludfy, seorang pengusaha yang sukses di Jakarta mendirikan usaha software publishing. Kehadiran perusahaan yang bergerak khusus di pemasaran tersebut membuat Fadil dapat berkonsentrasi untuk mengembangkan Zahir Accounting dengan sebaik-baiknya tanpa harus direpotkan oleh urusan pemasaran.

 

Melalui produk ciptaanya, Pak Fadil (sapaan akrabnya) juga berdakwah. Dengan menerapkan sistem syariah, Pak Fadil berharap agar para pengusaha Muslim yang tergabung di dalam perusahaannya mendapat kesuksesan baik di dunia maupun di akhirat, hingga pada akhirnya, tercipta kekuatan ekonomi Islam yang dipelopori oleh pengusaha-pengusaha Muslim.

 

Kesuksesan yang diraih Pak Fadil tidak datang begitu saja. Sebelumnya ia menjalani usaha di bidang percetakkan namun harus ia lepaskan pada tahun 1999. Lalu mulai tahun ini ia benar-benar serius mengembangkan software akuntansi dengan dibarengi pula dengan penerapan konsep-konsep syariah didalamnya.

 

Bagi Pak Fadil, cikal bakal lahirnya software zahir tidak lepas dari pengalaman pribadinya. Saat menjalani usaha percetakan di Bandung (Jawa Barat) ia merasa tidak ada tools berupa software untuk mengevaluasi perusahaannya dengan cepat. Untuk laporan keuangan hanya terbatas pada laporan laba rugi saja. Sedangkan analisa pelanggan tidak bisa dilakukan dengan cepat, begitu juga dengan analisa produk, semuanya tidak dapat dilakukan sebagaimana yang diharapkan dalam manajemen usaha.

 

Berangkat dari pengalaman buruknya dalam mengelola usaha itulah yang menginspirasi Pak Fadil hingga berhasil menciptakan Zahir Accounting Ver. 1.0 pada tahun 1996, dikembangkan versi 2.0 pada tahun 1997, dan mulai dipasarkan pada tahun 1999 hingga sekarang.

 

Kesuksesan yang dicapai Fadil Fuad Basymeleh tidak diraih dengan mudah. Butuh proses panjang yang cukup melelahkan. Bagi Fadil, kesuksesan tidak dinilai dari hasil yang diperoleh namun kesusksesan yang sesungguhnya ialah seberapa teguh dan kesungguhan kita dalam melewati sebuah proses.

 

 

 

 

Sekian, silahkan baca juga artikel saya Software Akuntansi Laporan Keuangan Terbaik.

Description: Sosok di Balik Ketenaran Zahir Accounting Software Rating: 4.5 Reviewer: Bima Lanang - ItemReviewed: Sosok di Balik Ketenaran Zahir Accounting Software
Jadilah Blogger Yang Jujur. Cantumkan Sumber Link Berikut Jika Anda Mencopy Artikel Ini.


Artikel Terkait:

Berlangganan via email gratis (Click Subscribe, Tunggu Pop Up dan Isi Email Anda):

Posted by: Bima Lanang, Updated at: Senin, Januari 02, 2012

2 komentar :

Ari Fahriansyah mengatakan...

http://ari-fahriansyah.blogspot.com/2012/01/zahir-is-best_16.html

Bima Lanang mengatakan...

@ Ari : Thanks sudah berkunjung

Posting Komentar

Sebagai Manusia Biasa Saya Masih Banyak Kekurangan. Untuk Itu Kritik dan Saran Yang Membangun Dari Sobat Sangat Besar Saya Harapkan. Terima Kasih Kepada Sobat Yang Telah Meluangkan Waktu Untuk Berkomentar dan Mohon Maaf Jika Komentar Yang Menggunakan Pilihan 'Anonim', Terpaksa Harus Saya Abaikan, Karena “SPAM” Tidak Hanya Melanggar Hukum Tetapi Juga “BERDOSA”

MY BEST FRIENDS